MTMA : Pantai Pasir Putih Kangean

Selamat datang kembali di orenjjus. Kali ini aku akan bercerita sedikit tentang pengalamanku nyore di Pantai Pasir Putih yang terletak di daerah antara Kalisangka dan Bilis Bilis, Kangean, Sumenep, Kepulauan madura.
Rute ke Pantai Pasir Putih dimulai dengan naik kapal dari Pelabuhan Kalianget, Sumenep ke Pelabuhan Batuguluk Pulau Kangean. Kapal yg tersedia ada 2 jenis, kapal cepat dan kapal perintis.
Kapal cepat memerlukan waktu sekitar 3.5 - 4 jam untuk sampai ke tujuan, harga tiket VIP Rp 208.000,- dengan fasilitas tempat duduk lebih lega, AC dan TV, dan eksekutif Rp 184.000,- dengan fasilitas kursi, non AC dan TV lebih kecil, goncangan kapal cepat jauh lebih terasa dibandingkan dengan kapal perintis, dianjurkan minum antimo bagi teman - teman yg punya riwayat mabuk laut.
Kapal perintis memerlukan waktu sekitar 12 jam, harga tiket kalau tidak salah Rp 15.000,- setahu saja fasilitas tidak selengkap kapal cepat karena untuk tempat duduk harus duduk diatas dek kapal dengan atap terpal, goncangan laut tidak terlalu terasa.

Setelah sampai di dermaga pantai kalian akan disambut dengan dermaga pemandangan di kanan kirinya adalah ikan laut dangkal dan beberapa karang laut, airnya sangat jernih dan berwarna biru, jadi bisa terlihat dari atas gambaran laut dekat pantai sekitar dermaga.

Dari dermaga kita hanya perlu beberapa meter untuk menuju ke pantai pasir putih, mungkin sekitar 10 - 20 menit dengan berjalan kaki. Letak Pantai Pasir Putih berada di belakang PLTD (PLN) Kangean.

Pantai Pasir Putih memiliki pasir berwarna putih dengan tingkat kemiringan pantai cukup, jadi pantai tersebut hanya memiliki bibir pantai yang terhitung tidak terlalu besar. Pasir putih yg menghiasi pantai cukup membingkai pantai dengan apik, sayangnya ketika aku berkunjung kesana kondisi pantai agak kotor karena sampah plastik dan makanan. Menurutku ketika pantai tersebut dapat dirawat dan dijaga kebersihannya, ditata fasilitasnya, maka bukan hal yg tidak mungkin Pantai Pasir Putih menjadi magnet wisata Pulau Kangean bagi wisatawan. Disebelah barat Pantai Pasir Putih juga terdapat Pulau Mamburit yg terkenal akan wisata pantainya juga, pantai tersebut bisa diamati dengan mata telanjang karena jaraknya dekat. Alat transportasi ke pulau tersebut biasanya menggunakan perahu kayu dengan waktu tempuh 20 - 30 menit. Begitu pengalamanku di Pantai Pasir Putih, semoga teman - temen bisa berkunjung ke Pulau Kangean juga.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bio-imaging Mengaplikasikan UCNPs Berbasis Lathanida

Review jujur : Isntree Hyaluronic Acid Water Essence

Review jujur : skincare Cetaphil vs Garnier face wash