Brand Kosmetik Internasional dan Lokal

Kosmetik di Indonesia menjadi salah satu komiditi yang tengah berkembang pesat. Beberapa tahun terakhir kemunculan berbagai icon beauty vloger ataupun bloger diiringi banyaknya produk kosmetik yg masuk ke Indonesia. Produk - produk tersebut berasal dari Indonesia sendiri ataupun dari Internasional seperti Amerika Serikat, Perancis, Jepang, Korea Selatan dan sebagainya. Beberapa brand kosmetik yg eksis di Indonesia telah dirangkum sebagai berikut.

Maybelline adalah perusahaan kosmetik dari New York, Amerika Serikat pada tahun 1915, kemudian pada tahun 1996 diambil alih oleh L'oreal Group. Jadi Maybelline adalah anak perusahaan dari L'oreal Group. Slogan perusahaan ini adalah "Maybe She's Born With It. Maybe It's Maybelline" (Wikipedia, 2019) dan menjadi "#makeithappen" (www.maybelline.co.id, 2019). Maybelline sendiri merupakan salah satu produk kosmetik yang telah banyak dipakai oleh wanita di Indonesia. Beberapa produk best sellernya di Indonesia adalah Fit Me Matte + Poreless (liquid fondation), Baby Skin - Pore Eraser (primer make up), Super Stay Matte Ink (liquid lipstik), dan Hypercurl Mascara (maskara).

L'oreal adalah perusahaan yang bergerak dibidang barang konsumsi, berdiri di Perancis pada tahun 1909. Pada tahun 2014, L'oreal tercatat sebagai perusahaan besar peringkat ke - 172 dalam daftar Global 2000 berdasarkan majalah bisnis Forbes (Wikipedia, 2019). L'oreal group dibagi menjadi beberapa divisi yakni :
1. Produk Konsumen : L’ORÉAL PARIS – GARNIER – MAYBELLINE NEW YORK – NYX PROFESSIONAL MAKEUP – ESSIE – NIELY DARK AND LOVELY – MIXA – MAGIC – CAROL’S DAUGHTER – STYLENANDA – LOGOCOS NATURKOSMETIK
2. L'oreal Lux : LANCÔME – YVES SAINT LAURENT – GIORGIO ARMANI – KIEHL’S – BIOTHERM – URBAN DECAY – IT COSMETICS – SHU UEMURARALPH LAUREN – HELENA RUBINSTEIN – VIKTOR&ROLF – CACHAREL – CLARISONIC – DIESEL – YUESAI – ATELIER COLOGNE MAISON MARGIELA – HOUSE 99 – PROENZA SCHOULER – VALENTINO
3. Produk Profesional : L’ORÉAL PROFESSIONNEL – REDKEN – MATRIX – BIOLAGE – KÉRASTASE – PUREOLOGY – DECLÉOR – SHU UEMURA ART OF HAIR CARITA – PULP RIOT – MIZANI – BAXTER – SEED PHYTONUTRIENTS (L'oreal Annual Report, 2018)


Di Indonesia sendiri L'oreal Group sudah memiliki pengguna setia dengan berbagai variasi produknya seperti make up (wajah, mata dan bibir), skin care (pelembab, krim mata, pembersih dan toner, mask, serum dan essence, serta sunscreen), hair care (hair serum, shampoo, kondisioner, dan masker rambut), hair color (pewarna permanen maupun temporary), hair styling (gel rambut), dan produk skin care men (pelembab dan pembersih wajah) (www.loreal-paris.co.id, 2019). 

Revlon adalah perusahaan kosmetik yang dari Amerika Serikat dan berdiri pada tahun 1932 (Wikipedia, 2019). Perusahaan Revlon memiliki beberapa brand terkenal seperti Revlon, Elizabeth Arden New York, Almay, American Crew, CND, Cutex, Sinfulcolors, Mithchum, Britney Spears Fragrances, Cristina Aguilera Fragrances, The Elizabeth Taylor Fragrance Collection, John Varvatos, Allsaints, Juicy Couture, dan lain sebagainnya. Produk best seller Revlon diantaranya adalah Super Lustrous Lipstik, Revlon ColorStay Overtime Lipcolor, ColorStay Makeup for Combination/Oily Skin SPF 15, ColorStay Eyeliner, Revlon Nail Enamel, ColorStay Brow Pencil, dan ColorStay 16-Hour Eye Shadow (www.revlon.com, 2019). 

COSRX atau COSmetics + Rx (Prescription ; Resep) yang artinya solusi terbaik untuk berbagai masalah kulit. Produk kosmetik dari Korea Selatan sejak tahun 2015 ini mengusung slogan "Expecting Tomorrow" dengan bahan - bahan yang membantu meringankan iritasi kulit dan konsep "Soft Skin Care, Fashion/Fabric - Feeling, T.P.O/R(X) = Solution" (www.cosrx.com, 2019). Beberapa produk best seller menurut Sociolla diantaranya adalah COSRX Centella Water Alcohol - Free Toner, One Step Original Clear Pads, Galactomyces Alcohol - Free Toner, dan AHA/BHA Clarifying Treatment Toner.

Shisedo adalah perusahaan multi nasional berdiri sejak tahun 1872 di Jepang dan merupakan salah satu perusahaan tertua di dunia (Wikipedia, 2019). Beberapa jenis brand milik perusahaan Shisedo meliputi prestige, fragrance, kosmetik, personal care, profesional dan health care contohnya adalah Shisedo, Bare Minerals, NARS, Senka, Dolce & Gabbana, Aqua Label, The Collagen, Senka dan masih banyak lainnya (www.shiseido.com, 2019). Dari beberapa brand diatas yang cukup dikenal dan familiar di Indonesia adalah Senka, Nars dan Bare Minerals.
1. Senka. Diluncurkan sejak tahun 2002 dengan slogan "Memberikan perawatan terbaik untuk kulit wanita di Asia". Produk best seller versi Sociolla diantaranya adalah Senka - Perfect Whip, Perfect Whip Fresh, Perfect White Clay, Perfect Whip White.
2. Nars. Bergabung dengan Perusahan Shideso sejak tahun 2000 dan telah ada di sekitar 30 negara. Beberapa produk best sellernya adalah liquid blush orgasm, eye shadow, concealer dan foundation.
3. Bare Minerals. Bergabung dengan Sheisedo tahun 2010 dan menargetkan wanita yang menyukai kecantikan alami, dan clear ingredients. Klaim produk ini adalah 100% bebas Parabens, Phthalates, Formaldehyde, Chemical Sunscreens, Triclosan, Triclocarban, Propylene Glycol, Mineral Oil, Coal Tar and Microbeads, dan SELALU cruelty-free (Sephora, 2019). Produk best seller versi sephora adalah COMPLEXION RESCUE Hydrating Foundation Stick Broad Spectrum SPF 25, Original Loose Powder Mineral Foundation, Broad Spectrum SPF 15, COMPLEXION RESCUE Tinted Moisturizer Mineral Broad Spectrum SPF 30, GEN NUDE liquid Lipstick, dan lain sebagainya.

Paragon Technology and Innovation adalah perusahaan asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 1985 dengan nama PT. Pusaka Tradisi Ibu dengan produk pioner "PUTRI" sebagai Salon's Best Choice. Seiring dengan perkembangan jaman, Paragon P.I mengalami perkembangan dan sekarang telah memiliki 4 brand, yakni :
1. Wardah. Diluncurkan tahun  1995, dengan slogannya "Wardah, Inspiring Beauty" dan merupakan pioner produk kosmetik dengan sertifikat halal. Beberapa produk best sellernya adalah Colorfit Velvet Matte Lip Mousse, Sun Care Sunscreen Gel SPF 30, Exclusive Matte Lip Cream dan lain sebagainya.
2. Make Over. Dilaunching tahun 2010, dengan slogan "Make Over, Beauty Beyond Rules" dan produk best sellernya adalah Intense Matte Lip Cream, Powerstay Demi Matte Cover Cushion dan Powerstay Powder Foundation.
3. Emina. Diluncurkan tahun 2015, "Dengan Emina, sinar cantikmu akan selalu terpancarkan hingga hidup pun terus bersinar untukmu, because you were born to be loved". Produk best sellernya adalah Cheeklit Pressed Blush, Sun Protection Sunscreen, Bright Stuff Micellar Water, dan City Chic CC Cake. Emina cenderung menargetkan konsumen remaja, terlihat dari produknya yang ceria dan terpaku pada permasalahan kulit remaja.
4. IX atau Innovative Xalon. Diluncurkan tahun 2015 dan merupakan produk profesional perawatan dan gaya rambut. Beberapa produk dari brand ini adalah Timeless Care series shampoo, kondisioner, masker rambut, rescue spray, dan serum vitalisasi, Caractere Color Shift, Staylast Straight dan lain sebagainya (ixprofessional ; IG)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bio-imaging Mengaplikasikan UCNPs Berbasis Lathanida

Review jujur : Isntree Hyaluronic Acid Water Essence

Review jujur : skincare Cetaphil vs Garnier face wash